Rabu, 27 Agustus 2014

Performa "Nakal" dalam Balutan Premium Nissan Teana

Jimbaran, KompasOtomotif – Membayangkan naik sedan medium seperti Nissan Teana cukup membuat was-was. Imageyang melekat sebagai kendaraan ”orang tua”, konservatif, gambot, mobil pejabat dan sebagainya, berpotensi memberikan pengalaman berkendara yang membosankan. Namun KompasOtomotif ternyata berasumsi terlalu cepat.

Kekhawatiran tersebut sirna ketika generasi baru Teana "dikencani" lebih intim selama tiga hari (28-30 April 2014), di Bali, dalam Media Ride & Drive garapan PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Bukan sekadar mobil para eksekutif, Teana baru kini sukses tampil lebih ”muda” dan atratktif.

Dikatakan Yoshiya Horigome, Vice President Director of National Sales and Marketing NMI, target pengguna untuk mobil ini memang para pejabat dan petinggi perusahaan. Namun, generasi baru diciptakan agar lebih menggaet konsumen di kalangan eksekutif muda.
”Jika ada kompetitor yang tampil sangat sporty, lalu ada yang menjual ekslusivitas khas pejabat, Teana berada di tengah-tengah. Lihat desainnya, jauh lebih agresif ketimbang generasi sebelumnya. Fitur yang tertanam juga memfasilitasi oreang-orang yang ingin tampil beda,” jelas Horigome kepada KompasOtomotif.

Premium LoungeAlasan pertama yang menghapus citra konservatif adalah nuansa interior. Para teknisi berhasil memberikan atmosfer premium tapi sporty dari kabin secara keseluruhan dan desain jok. Adanyasunroof memperkuat kesan gagah dan modern. Posisi duduk yang nyaman ditunjang dari jok dengan peranti elektronik untuk disetel, termasuk lumbar support alias penyangga punggung.

Duduk di kabin Teana terasa sungguh nyaman. Semuanya pas, dari keempukan, dekapan jok pada tubuh, hingga posisi yang mudah disetel. Ketika menyalakan audio dari pemutar CD, suara jernih mengelilingi kabin. Suguhan sound system Bose dengan sembilan pengeras suara benar-benar memanjakan telinga.

Dentuman bas cukup dalam tapi tidak memekakkan telinga. Semua range suara seimbang, bahkan tanpa mengutak-atik equalizer sekali pun! Suara otomatis kencang ketika dibutuhkan, misalnya melaju dengan kecepatan tinggi, atau pelan sendiri kalau berhenti di lampu merah. Kabin yang kedap menambah kenikmatan duduk serasa berada di lounge premium.
Tenaga DahsyatKejutan kedua yang menepis judgement KompasOtomotif sebelumnya adalah performa. Sama sekali tidak muncul kesan gambot dan sulit dikendalikan. Bodi boleh bongsor, namun mesin dan transmisi membuatnya lebih ”nakal” dan bertenaga.

Begitu pedal gas diinjak, seketika tenaga spontan mengalir tak pernah kosong di setiap putaran mesin. Kapan pun butuh tenaga, "jantung pacu" siap memberikan. Senior Product Specialist Teana and Product Planning Departement NMI, M Ikhsan Satriawinandi, mengatakan, perubahansetelan pada Xtronic CVT membuatnya bisa ”seganas” ini.

Pengendaraan selalu diisi miminal tiga penumpang. Tak ada keluhan soal tenaga. Kalau bantingan suspensi, jangan ditanya, mobil sekelas Teana menjanjikan kenyamanan tingkat tinggi. Namun untuk bermanuver, gejala bodi roll kadang muncul.

Untuk keamanan, All-New Nissan Teana menawarkan beragam fitur keamanan inovatif. Salah satunya adalah Rain Sensing Wiper yang membaca kepekatan hujan dan secara otomatis menyesuaikan kecepatan wiperSecurity Alarm akan memberi peringatan pada pemilik jika ada bahaya, VDC dengan Active Understeer Control, kantong udara (SRS, di bagian sisi dan depan), ABS dan sensor parkir bagian depan dan belakang, mempertahankan kelas di segmennya.
Pengusaha MudaUntuk meluaskan segmen ke pengguna berusia lebih muda, NMI mengajak para jurnalis bermainrole play, memerankan sebagai pengusaha cafe. Sejumlah tempat ekslusif dikunjungi untuk mencari inspirasi ide konsep cafe premium.

Ternyata langkah tersebut berhasil menanamkan citra baru, bahwa semangat driving performanceTeana kini semakin luas. Tidak hanya diperuntukan bagi kegiatan bisnis sehari-hari para eksekutif perusahaan, tetapi juga cocok digunakan untuk perseorangan, bahkan di hari libur sekali pun.

Inilah yang mendasari kepercayaan NMI bahwa pengguna perseorangan akan tumbuh 30 persen dibandingkan dengan model sebelumnya.
Read More

Sabtu, 09 Agustus 2014

Kesan Pertama Menunggangi Honda Blade 125 FI

Jakarta, KompasOtomotif - PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja melepas model terbaru Blade 125 injeksi (FI : Fuel Injection) di Jakarta, akhir pekan lalu. Seiring mulai didistribusikannya bebek menengah ini ke pasar Indonesia, tidak ada salahnya menyimak lebih detail apa saja perbedaan yang ditawarkan Blade 125 FI dengan model lawas, sebelum memutuskan untuk membeli.

Mesin
Jantung pacu menggunakan kapasitas lebih besar, 125cc, sehingga diklaim memiliki daya lebih. Akselerasi (berdasarkan tes yang AHM), 0-200 meter ditempuh 12,6 detik. Sementara model sebelumnya (Blade 110cc karburator) hanya 13,5 detik. Kecepatan maksimum meningkat menjadi 100,7 kpj dari 91,4 kpj.

Menariknya, meski mengalami lonjakan kemampuan, Blade baru justru punya rata-rata konsumsi BBM lebih irit, diklaim 61,8 kpl dari sebelumnya hanya 45,6 kpl.
Penampilan
Dari segi eksterior, sebenarnya tidak terlalu banyak perubahan dari model lawas. Desain bodi, lampu depan, belakang, dan sayap depan, nyaris sama. Tapi, jika diperhatikan lebih seksama, ternyata lumayan banyak ubahannya. 

Reflektor lampu depan disempurnakan, kabel gas yang sebelumnya menjuntai di bagian bawah stang kanan, kini sudah terintegrasi ke dalam fairing sehingga lebih terlihat rapih. Desain panel indikator juga terlihat lebih modern. Ubahan lain, pelindung panas knalpot kini sudah dilapisi bahan krom membuatnya terlihat lebih trendy. Pengaman rantai tetap dipertahankan seperti pada model sebelumnya.

Di bawah jok, tangki bahan bakar ditambah kapasitasnya 7,5 persen atau menjadi 4 liter. Sehingga daya tempuh meningkat 30 persen dalam sekali pengisaian penuh. Ruang penyimpan barang tetap dipertahankan dengan kapasitas 7,3 liter. Cukup untuk menyimpan jas hujan atau kunci perkakas. 
First ride
Setelah prosesi peluncuran, AHM juga menyiapkan beberapa unit Blade 125 FI untuk dirasakan langsung oleh jurnalis. Lintasan sejauh 500-600 meter disiapkan di pelataran parkir JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Setiap peserta hanya diberi kesempatan mencoba dua putaran.

Tanpa basa-basi, KompasOtomotif langsung menjajal kebolehan Blade 125. Bodinya terasa ramping, dengan posisi duduk yang relatif nyaman. Putar tuas kunci, panel indikator dan lampu utama langsung menyala. Tekan starter, dan mesin langsung menyala dengan suara lembut agak garing terdengar dari knalpotnya. 

Masukkan gigi satu, buka gas, tenaga Blade 125 FI terasa cukup menghentak. Rasanya memang ada peningkatkan torsi di putaran bawah sampai menengah dari model sebelumnya. Tetapi, kebenarannya harus lebih dibuktikan menggunakan alat pembantu! Diajak meliak-liuk di jejeran kerucut, kendali Blade cukup meyakinkan. Dalam lintasan lurus 100 meter, kecepatan yang berhasil diraih sekitar 70 kpj. Walaupun singkat, kesan pertama cukup menjanjikan!
Read More

Kendaraan Baru di AS Wajib Punya Kamera Mundur

New York, KompasOtomotif - Setelah bertahun-tahun terus ditunda, regulator federal kendaraan bermotor Amerika Serikat (NHTSA), akhirnya mengumumkan hasil perumusan peraturan instalasi kamera mundur. Langkah tersebut untuk mendukung ketetapan yang menyatakan bahwa semua mobil yang dipasarkan di AS harus dilengkapi peranti keselamatan tersebut pada 2016.
Kongres sebenarnya telah meloloskan undang-undang pemakaian perangkat tambahan untuk membantu visibilitas belakang kendaraan pada 2007. Presiden AS kala itu, George W. Bush, telah menandatangani "Cameron Gulbransen Kids Transportation Safety Act" menjadi dasar hukum. NHTSA akhirnya memiliki rumusan peraturan tersebut pada 2011, namun peresmian ditunda lima kali. Terakhir, Desember lalu, beberapa organisasi menuntut NHTSA meresmikan peraturan tersebut.
Aturan Peraturan telah diresmikan, berlaku untuk seluruh kendaraan yang memiliki berat kurang dari 10.000 pound (4.536 kg), termasuk truk dan bus. Kamera mesti memaparkan bidang pandang 3-6 m di bagian belakang kendaraan.
Dari data analisis ditemukan, menyematkan kamera mundur butuh biaya sekitar Rp 480 – 510 ribu, dengan catatan sudah dilengkapi dengan layar visual. Jika belum maka biaya diprediksi mencapai Rp 1,4-1,6 juta.
Kampanye dinilai tidak terlalu sulit, kamera mundur telah akrab dengan konsumen. NHTSA mengatakan, setengah dari seluruh kendaraan yang dipasarkan di AS sekarang telah dilengkapi fitur tersebut.
KecelakaanDengan begitu NHTSA percaya akan mengurangi jumlah kematian pejalan kaki akibat keteledoran pengendara saat mobil mundur. Terdapat 200 orang meninggal dan 14.000 lainnya mengalami kecelakaan terkait kejadian tersebut. Bahkan yang lebih memprihatinkan, setengah dari jumlah itu adalah anak kecil di bawah lima tahun yang kerap tidak terlihat dari bangku pengemudi.
“Sebagai ‘bapak’, saya hanya bisa membayangkan betapa menyakitkan hati bila kecelakaan seperti itu terjadi pada keluarga kita. Kami berharap dengan peraturan baru ini akan melayani sebagai langkah signifikan mengurangi peristiwa kecelakaan tragis,” ujar Anthony Foxx, sekretaris Departemen Transportasi AS.
Read More

Porsche Indonesia Luncurkan Macan Pertengahan Juni 2014

Jakarta, KompasOtomotif - Porsche Macan bisa dekat dengan konsumen Indonesia. Selain karena nama "Macan" tercantum dalam kamus bahasa Indonesia, kehadirannya diharap jadi tulang punggung PT Eurokars Artha Utama (Eurokars), sebagai pemegang merek. Bahkan prinsipal pun yakin model ini akan mereguk sukses besar dalam hal penjualan dan menaikkan citra merek.

Managing Director Eurokars, Cristoph Coi, mengungkapkan optimismenya dengan kehadiran Macan yang akan disiapkan pertengahan Juni 2014. Baginya, model tersebut bukan sekadar nama yang diambil dari nama hewan, tapi cocok sebagai alternatif SUV kompak premium, terutama kondisi jalan di Indonesia.

"Sangat optimistis, karena model ini juga sangat penting bagi kami. Terlepas dari namanya yang berbahasa Indonesia, dia (Macan) akan menjadi alternatif pilihan konsumen yang menghendaki SUV kompak premium. Sudah ada banyak peminat," ujarnya kepada KompasOtomotif, (1/4/2014), di Jakarta, meski tidak menyebut angka.

Saat ini, Porsche membekali Macan dengan mesin bensin yang dilengkapi turbo, 3.000cc, bertenaga 254 PS dan torsi 580 Nm. Juga ada dengan tipe V6, 3.600cc, turbo ganda, bertenaga 335 PS dan torsi 460 Nm. Pilihan lain, ada mesin diesel, V6, 3.600cc. Choi mengatakan bahwa ketiga varian ini akan dijual di Indonesia.

Soal harga, pria asal Singapura ini tak mau mengungkap. Alasannya, saat ini masih sedang dibahas dengan tim pemasaran, terkait dengan peraturan pajak terbaru. Jika nanti dirilis, model ini akan menantang para rival yang sudah "punya nama" seperti BMW X3, Mercedes-Benz GLK, Audi Q5, hingga Range Rover Evoque.
Read More

Generasi Lancer Evolution Bakal Pensiun Tahun Ini

Tokyo, KompasOtomotif — Mitsubishi akan mengakhiri produksi salah satu model ikonis, Lancer Evolution, akhir tahun ini. Berdasarkan sumber yang dilansir Nikkan Jidosha Shimbun, Senin (31/3/2014), Lancer Evo X—sebagai generasi paling bontot—akan hadir dalam edisi spesial di Inggris, dan merupakan versi penutup.

Dalam laporan tersebut juga disebutkan bahwa mobil berperforma tinggi itu akan digantikan dengan model yang belum diketahui wujudnya. Hingga saat ini, hampir seperempat juta Lancer Evo terjual sejak generasi pertamanya diluncurkan pada 1992. Diperkirakan, saat ini model yang lahir dari ranah reli itu tersebar 92.000 unit di Jepang, dan 154.000 unit lainnya hampir di seluruh dunia.

Generasi emas ini merupakan model andalan, melejit karena kemenangan dalam World Rally Championship (WRC) pada 1998 untuk gelar konstruktor. Kemenangan bagi pebalapnya pun diraih empat kali berturut-turut, yakni 1996 hingga 1999. Legenda reli yang menggebernya adalah Tommi Makinen.

Ramah lingkungan
Lalu, kenapa Mitsubishi melepas kepergian Evo, sementara belum ada model yang sanggup menggantikan posisinya? Mobil ramah lingkungan adalah alasan paling kuat. Disinyalir, penggantinya akan lebih memenuhi standar emisi gas buang, atau bahkan bisa jadi lahir kembali dalam paket mesin plug-in hybrid.

Bisa jadi, Lancer Evo adalah salah satu ”tumbal” keputusan merek Jepang itu dalam mencitrakan ulang merek mereka sebagai produsen kendaraan yang ramah lingkungandengan konsentrasi pengembangan mobil elektrik dan hybrid.

Apakah ini lelucon semacam April Mop? Rasanya tidak karena pada 2011 silam, petinggi Mitsubishi Motor Corporation sudah menyampaikan kabar ini bahwa paling cepat, dua tahun lagi, model ini akan pensiun. Itu berarti, tahun ini, para penggemar akan benar-benar harus say goodbye pada Lancer Evo.
Read More

Jumat, 08 Agustus 2014

Toyota Punya "Pasukan" Servis Bersepeda Motor



Jakarta, KompasOtomotif – PT Toyota Astra Motor (TAM) melalui jaringan main dealerAuto2000, memberikan layanan baru Toyota Mobile Service (TMS), yang menggunakan sepeda motor. Hal ini dilakukan sebagai solusi kemacetan di kota-kota besar, agar konsumen tak menunggu terlalu lama untuk mendapatkan servis di rumah, atau lokasi di luar bengkel resmi.

CEO Auto2000, Suparno Djasmin, mengatakan bahwa layanan ini sebagai bentuk ekspansi yang dilakukan pada 2014. Investasi Rp 7,36 miliar untuk layanan ini tak hanya dipakai untuk menambah 32 unit Avanza Toyota Home Service, tetapi juga membeli beberapa unit sepeda motor.

”Kami ingin memangkas waktu konsumen menunggu. Kalau alasan macet, kadang ada beberapa konsumen yang tidak bisa menerima. Ini kami berikan dalam rangka menerapkan filosofi Best Ownership Experience,” kata Djasmin.
Direktur Pemasaran TAM Rahmat Samulo, menambahkan, layanan servis menggunakan sepeda motor ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun layanan menggunakan sepeda motor saat itu dikembalikan ke Astra World untuk Emergency Road Assitant (ERA). ”Kami menggalakkan kembali karena berdasar pengalaman, 30 persen dari servis yang menggunakan THS adalah perbaikan ringan dan bisa ditangani dengan unit sepeda motor,” jelasnya.

Untuk tahapan awal, THS dengan sepeda motor akan dipusatkan di empat outlet Jakarta, yakni Auto2000 Pramuka, Kalimalang, Tebet Supomo, dan Radio Dalam. Jika layanan ini semakin dibutuhkan, TAM dan Auto2000 akan menambah konsentrasi jangkauan di kota-kota lain.

Adapun servis yang bisa ditangani adalah perawatan berkala, ganti oli, atau ganti komponen ringan. Untuk saat ini, lamanya waktu konsumen menunggu datangnya servis menggunakan sepeda motor masih dalam tahap evaluasi, belum ada patokan.
Read More

Konsep Ford Everest "Mejeng" di Bangkok

Bangkok, KompasOtomotif - Produsen otomotif asal Amerika Serikat, Ford, tengah mendesain SUV anyar penyempurnaan dari Everest yang saat ini masih beredar. SUV berstatus konsep tersebut diperkenalkan pertama kali kepada publik di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2014, di Chalanger Impact, Muang Thong Thani, Bangkok, Thailand, Selasa (25/3/2014). Banyak kemampuan yang ditawarkan dan tentunya dijamin sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia. 

"Soal kemampuan, spesifikasi, dan detail, kita akan menjelaskan nanti. Yang pasti, produk yang dipasarkan di Indonesia, mampu menerjang banjir," ujar Bagus Santoso, Managing Director Ford Motor Indonesia usai peluncuran. 

Bukan hanya Everest, lanjut Bagus, salah satu SUV yang mengisi segmen di bawahnya, yakni Ecosport, juga punya kemampuan serupa. Diklaim mampu menerjang genangan air mencapai 55 cm atau di atas ban. Ia pun memastikan performa Everest nantinya bakal lebih mumpuni.

Ketangguhan
Proses peluncuran dilakukan oleh President Ford Asia-Pasific Dave Schoch, dan President Ford Asean Matt Bradley. "Ford Everest Concept menunjukkan arah baru yang berani untuk medium SUV 7-penumpang, yang dirancang untuk pasar ASEAN dan juga global. Everest Concept menyajikan desain menakjubkan yang menonjolkan ketangguhan dan kemampuan yang luar biasa. Seperti Everest yang saat ini beredar, versi produksi dari SUV generasi selanjutnya akan mulai dibangun di Thaliand," kata Bradley.

Secara fisik, desain berbeda jauh dari generasi sebelumnya. Mulai dari gril yang lebih elegan, lampu depan futuristik, serta ban dan diameter velg yang lebih besar. Body lebih banyak lekukan, terutama di atas sepatbor. Tongkrongan kendaraan jadi lebih kekar meski dimensi terlihat lebih ramping. 

Meski masih dirahasiakan, beberapa media memprediksi mobil tersebut bakal menggendong mesin bensin 2.5L DuraTech atau diesel 2.2L DuraTorq TDCi. Untuk transmisi, ada manual enam percepatan dan otomatis lima percepatan. Tersedia juga produk varian gerak roda belakang dan empat roda (four wheel drive). "Tunggu saja nanti kejutan dari kami," tutup Bagus.

Read More

Kamis, 07 Agustus 2014

Antusiasme Konsumen Yaris Tetap Tinggi meski Lebih Mahal

akarta, KompasOtomotif – Setelah meluncur resmi awal bulan ini, Toyota All-New Yaris diklaim mendapat sambutan positif. Target penjualan 2.000-2.500 unit per bulan dirasa bakal tercapai, bisa jadi lebih di tahap awal. Meski kenaikan harga mencapai rata-rata Rp 20-an juta, hatchback segmen B ini diharapkan PT Toyota Astra Motor (TAM) tetap berada ”di jalurnya”.

Direktur Pemasaran TAM, Rahmat Samulo, menjelaskan bahwa hingga saat ini pemesanan di berbagai daerah cukup tinggi. ”Untuk angka pastinya akan kami kumpulkan dulu, karena penjualan baru berjalan. Yang pasti Yaris baru sangat diminati,” ujarnya usai konferensi pers Toyota Mobile Service di kantor pusat Auto2000 Sunter, Jakarta Utara, Selasa (25/3/2014).

Soal kenaikan harga yang mencapai Rp 20-an juta, Samulo menggarisbawahi bahwa tidak ada komentar soal harga. Artinya, pasar menerima model ini dengan spesifikasi dan model baru. ”Kalau bicara perubahan spesifikasi, kenaikan itu seharusnya mencapai Rp 50 juta. Namun kami menetapkan kenaikan hanya di kisaran Rp 20-an juta, yang berarti kami concern terhadap pelayanan,” kata Samulo.

Untuk sementara harga masih akan sama dengan peluncuran, meski ada potensi akan naik jika memang diperlukan. TAM akan melihat respons masyarakat, dan keputusan untuk menaikkan harga belum akan ada dalam waktu dekat.

MesinDisinggung soal mesin yang sama dengan model lama, Samulo menegaskan bahwa sebenarnya tidak 100 persen sama. Jantung pacu yang ditanamkan memang mempunyai tipe sama, namun performanya jauh menanjak dari segi akselerasi dan pengendalian.

”Yang perlu kami jelaskan, mesin memang sama. Tapi ada 1.500 perubahan pada beberapa bagian mesin dan transmisi untuk membuatnya lebih bertenaga dan lebih galak dikendarai. Secara performa jauh meningkat,” tegas Samulo.

Terlepas dari mesin-mesin Yaris yang digunakan di benua lain dengan spesifikasi beda, diklaim yang dipakai saat ini di Indonesia adalah spesifikasi yang paling cocok untuk konsumen.
Read More

Aki Kering Lithium untuk Sepeda Motor Balap

Jakarta, KompasOtomotif - Mau ganti aki sepeda motor? Jangan terpaku dengan produk-produk yang sudah ada di pasar, karena sudah ada teknologi baru, aki kering lithium dari AHRS. Jadi, lithium yang biasa digunakan pada baterai ponsel kini mulai merambah aki kendaraan. 

Kelebihannya, diklaim punya bobot ringan hanya seperempat dari aki sepeda motor pada umumnya. Karena tipe kering, aki ini tidak menggunakan cairan kimia dan sudah menggunakan daya Cold Crangking Ampere (CCA). Tersedia dalam tiga jenis, MF untuk harian bertenaga 4 Ampere (Ah), Lippo 3 Ampere (untuk total loss), dan Hicap 7 ampere untuk sepeda motor berkapasitas mesin 150 cc-1.000 cc. Harganya mulai Rp 180.000, Rp 330.000, dan Rp 550.000.

Selain harga terjangkau, AHRS juga memberikan jaminan kalau ada kerusakan (kecuali korsleting secara sengaja) akan diganti dengan produk baru. Tertarik? Langsung sambangi AHRS di  Jalan Tole iskandar No 162, Depok Timur, Jawa Barat, telepon +6221-77820649.
Read More

Toyota Mulai Tes i-Road

Tokyo, KompasOtomotif – SetelahKompasOtomotifmenjajal lenggak-lenggok i-Road di gelaran Tokyo Motor Show (TMS), November 2013 lalu, akhirnya Toyota Motor Corporation mulai mengomersialisasi kendaraan unik ini di Jepang. Pengujian mulai dilakukan pada kendaraan tiga roda ini di jalan-jalan umum di Jepang.
Pengetesan dilakukan untuk mendata kekurangan dan kelebihan produk jika digunakan dalam keseharian. Termasuk meningkatkan kualitas dan menganalisa hambatan apa saja yang dialami saat digunakan konsumen umum.
Warga umum dipersilakan untuk mencoba dan menyampaikan kesan yang diperoleh. Keputusan produksi massal akan sangat bergantung dari hasil uji coba ini.
i-Road punya panjang 2.350 m, 870 mm lebar, 1.445 mm tinggi, dan jarak sumbu roda 1.700 mm. Bobotnya hanya 300 kg, karena struktur bodi banyak menggunakan plastik berkualitas tinggi. Dibekali dua motor listrik, untuk dua roda depan dan satu di belakang dengan asupan tenaga dari baterai lithium-ion. Kecepatan maksimum dipatok 45 kph dengan jarak tempuh 48 km sekali baterai terisi penuh.
Read More

Yamaha Tricity Melantai di Bangkok dan Semakin Dekat

Bangkok, KompasOtomotif – Yamaha Tricity, sepeda motor roda tiga yang sudah pamer diri di EICMA dan Tokyo Motor Show 2013, akhirnya semakin dekat ke Asia Tenggara. Yamaha Thailand memajang model ini di Bangkok International Motor Show yang digeber mulai Selasa (25/3/2014). Kedatangannya ke Indonesia pun disinyalir semakin dekat!

KompasOtomotif beberapa waktu lalu menerima bocoran, skutik dengan cara kerja roda mirip-mirip Piaggio MP3 itu juga akan menyapa konsumen Indonesia. Tapi apakah berarti dengan kehadiran di Thailand menandakan peluncurannya tinggal menunggu waktu? Ternyata tidak juga. ”Masih lama,” begitu bunyi pesan singkat Eko Prabowo, GM Marketing Communication and Community Development PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kepadaKompasOtomotif.

Sepeda motor yang diproduksi di Thailand dan diekspor ke seluruh dunia ini akan menggendong mesin  125cc, 1-silinder, 4 langkah, injeksi, dengan pendingin cairan. Diklaim bobot ringannya sangat mendukung pengendaraan di dalam kota. Transmisi otomatiknya diklaim cocok untuk siapa pun yang menungganginya, laki-laki atau perempuan.

Yamaha menyebut, teknologi Leaning Multi Wheel (LMW) yang disandang Tricity membuat sepeda motor semakin lincah meski punya tiga roda. Efisiensi bahan bakar yang sangat baik juga akan menjadi senjata pamungkas untuk memasarkannya di konsumen urban.
Read More

All-New Nissan Teana Gabungkan Kemewahan Beraura Sporty

Jakarta, KompasOtomotif - Setelah peluncuran di Jepang Januari lalu, Nissan Motor Indonesia (NMI) resmi meluncurkan model global All-New Teana, di Jakarta, Selasa (25/3/2014). Generasi ketiga sedan segmen D ini dibanderol Rp 535 juta. 

NMI mengungkapkan, pembaruan mengusung konsep "Driving Performance", beralih dari "Hospitality" yang diterapkan pada generasi sebelumnya. Selain ubahan eksterior, interior, dan kenyamanan, Teana terbaru berupaya dekat dengan pengendara, menawarkan pengalaman mengemudi terbaik di kelasnya.

Vice President Director NMI, Yoshiya Horigome, mengatakan, komposisi Teana di Indonesia, 80 persen dimiliki perusahaan sebagai kendaraan operasional, 20 persen dimiliki pribadi eksekutif. "Untuk model baru ini, kami percaya bahwa persentase pemilik pribadi akan meningkat menjadi 30 persen," ungkapnya saat peluncuran. 

Eksterior
Perbedaan paling kentara terlihat dari eksterior. Kini tampangnya tak hanya lebih elegan. Para desainer menambahkan aura sporty dengan garis tajam. Bingkai gril dan lampu depan meruncing dan mengarah ke sisi bodi yang lebih lebar. 

Guratan garis di fender seperti mengalir hingga belakang dengan desain sedikit lebih gemuk. Hal tersebut demi menopang pusat gravitasi yang lebih rendah. Lampu belakang LED berbentuk huruf U horizontal demi menampilkan kesan modern.

Keseluruhan, penampilannya lebih agresif dibanding pendahulunya. Berbagai terapan dilakukan untuk menunjang faktor aerodinamis, namun tetap menunjukan elegansi sedan. 

Mesin
Jantung pacu QR25DE yang dipadu transmisi CVT, kini memiliki kemampuan lebih optimal di putaran bawah-menengah. Hasilnya diklaim mampu meningkatkan efisiensi pembakaran dan emisi. Tujuannya, bisa lincah di wilayah perkotaan dengan akselerasi bawah yang responsif, namun dapat diandalkan saat menyalip kendaraan lain di jalan bebas hambatan, dalam kecepatan tinggi. 

Efek gesekan di area mesin diminimalisasi hingga 40 persen, untuk melancarkan proses pengadaan tenaga dengan pengunaan bahan bakar seefisien mungkin. Hal tersebut terwujud hasil pembaruan suku cadang di dalamnya. Plus penyesuaian mesin dengan rasio gigi transmisi mampu menghasilkan akselerasi lebih baik. 

Kenyamanan
Para eksekutif berjiwa modern tentu butuh banyak keunggulan premium yang berkualitas. Khusus kursi depan dipasangi teknologi anti pegal untuk perjalanan jauh, yang disebut "Spinal Support". Bantalan senderan kursi unik diklaim mampu mengurangi ketegangan tulang punggung, menyokong tubuh dengan nyaman. 

Ruang kepala dan kaki menghadirkan kelegaan kabin yang ikut menunjang kenyamanan, meski atap direndahkan. Akses masuk kabin pun tidak menemui kendala terutama untuk ukuran pria dengan tinggi 170 cm. Getaran dalam kabin dikurangi dan tingkat kesenyapan ditingkatkan, percakapan dalam kabin bisa dilakukan tanpa harus menambah volume suara. 

Kelengkapan unggulan kenyamanan lain adalah, Active Trace Control yang membantu pengemudi saat keluar masuk tikungan dengan bantuan rem otomatis. 

Keselamatan
Perlengkapan keamanan All-New Teana terdiri dari, sistem lampu otomatis (terintegrasi dengan sensor cahaya dan "wiper" depan), Vehicle Dynamic Control, Emergency Locking Retractor,kantung udara di setiap sisi kabin depan termasuk atap, Cruise Control, ABS, EBD, dan BA.

"Mobil ini unggul di Amerika Serikat yang punya kemiripan dengan karakteristik pasar Indonesia. Melihat potensi pasar sedan yang tetap stabil, kami yakin bisa mengungguli kompetitor," tegas Horigome.
Read More

Layanan Toyota agar Konsumen Tenang

Jakarta, KompasOtomotif - PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali menegaskan layanan terbaiknya berupa servis dan purna jual. Konsep "The Best Total Owner Experience" melalui Toyota Mobile Service (TMS) kini ditingkatkan demi kepuasan konsumen atas kepercayaan yang selama ini diberikan.

Dalam konferensi pers layanan TMS di kantor pusat Auto2000, Sunter, Jakarta Utara, Selasa (25/3/2014), Presiden Direktur TAM, Johnny Darmawan, mengatakan bahwa ini sebenarnya bukan layanan baru. Toyota sudah melakukannya sejak tahun 1980-an.

"Justru kami yang pertama. Saat itu, pada 1980-an ada Toyota Emergency Service pakai Land Cruiser. Karena, kebanyakan problem mogok bisa ditarik dengan mudah. Banjir juga tidak ada masalah. Lalu ditambah dengan model Kijang pada 1989," urai Johnny.

Kemudahan servis
TMS adalah payung dari layanan kemudahan servis untuk pemilik mobil Toyota di seluruh Indonesia. Di dalamnya, terdapat banyak layanan servis yang saat ini didukung oleh 306 kendaraan, terdiri dari Avanza, Hilux, bahkan Dyna untuk servis berat dan layanan di daerah terpencil.

Untuk mendukung langkah yang dilakukan TAM, Johnny lantas memberi gambaran, kendaraan yang dibeli oleh konsumen itu biasanya digunakan selama 4-6 tahun ke depan. Sehingga selama menggunakan mobil, konsumen membutuhkan jaminan layanan purna jual yang membuatnya menjadi tenang.

Terkait dengan perawatan kendaraan, dihadirkan pula berbagai pilihan yang sesuai dengan kondisi saat ini, dan menjawab kebutuhan para pelanggan. Terbaru, akan ditambahkan layanan TMS menggunakan sepeda motor untuk menembus kemacetan, terutama di kota-kota besar.

Tahun ini, Auto2000 sebagai main dealer menambahkan investasi Rp 7,36 miliar tahun ini, untuk penambahan 32 unit Avanza THS.
Read More

Rabu, 06 Agustus 2014

Yamaha R15 Datang Lebih Cepat, April 2014

Jakarta, KompasOtomotif - Pekan lalu,KompasOtomotif mendapat bocoran kalau peluncuran model terbaru Yamaha, R15, akan berlangsung semester pertama tahun ini. Ternyata, ada info baru kalau peluncuran sudah tinggal hitungan hari, karena siap dilepas mulai April 2014.

Kepastian informasi ini diperoleh dari dua sumber internal PT Yamaha Indonesia Motor Manufactruing (YIMM) yang mengetahui rencana peluncuran itu. "Rencananya lebih cepat, pekan terakhir bulan depan (April) tanggal 23," ujar salah satu sumber KompasOtomotif di Jakarta, Kamis (27/3/2014).

Kemunculan perdana R15 buatan Indonesia ke publik, ditandai melalui tayangan MotoGP yang disiarkan salah satu stasiun televisi, Senin (24/3/2014) dini hari. Dalam segmen kuis yang melibatkan pemirsa televisi, acara yang disponsori Yamaha ini menampilkan sosok penuh sportfull fairing kelas menengah itu.

Saat ditanya apa saja perbedaan R15 dengan V-Ixion Lighting, salah satu sumber menjelaskan, penggunaan bodi full fairing menjadi faktor utama pembeda antara kedua model. Untuk jeroan, relatif sama meski ada beberapa upgrade yang masih belum mau dibicarakan.

Lantas berapa kira-kira Yamaha Indonesia mau melepas R15 CKD ini untuk konsumen Indonesia? "Harganya masih belum final, tapi kisarannya Rp 30 jutaan," tutup sumber YIMM.
Read More

Lima Gejolak Kelas Menengah di Dunia Otomotif

Jakarta, KompasOtomotif - Ada yang menarik dalam gelaran Otomotif Awards 2014 yang berlangsung di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (27/3/2014). Yakni, presentasi dari Yuswohady, pakar, penggiat, sekaligus penulis Ilmu Pemasaran yang menjelaskan karakteristik konsumen kelas menengah yang lagi tumbuh pesat di Indonesia.

Pria berkacamata ini menjelaskan, tercatat ada 140 juta jiwa warga kelas menengah yang hidup di Indonesia dengan rata-rata pengeluaran Rp 20.000 - Rp 2 juta per hari. Jumlah ini dihitung dari rata-rata pendapatan domestik bruto (GDP) Indonesia yang sudah menembus 3.000 dollar Amerika Serikat per tahun.

"Mau tahu seberapa besar pengaruhnya kelas menengah dalam kehidupan manusia di Indonesia? Caranya sangat mudah," kata Yuswohady.

Contohnya, pertama, semakin padatnya jumlah pengunjung di seluruh bandara di Indonesia. Di Soekarno Hatta saja, kemampuan daya tampung bandara internasional terbesar Indonesia hanya mencapai 15 juta orang, tetapi pada 2012 tercatat 50 juta orang yang datang ke bandara.

Kedua, kepemilikan sepeda motor sudah semakin marak. Konsumsi satu rumah tangga terhadap sepeda motor sudah melebihi dua unit. Bahkan, setiap anggota keluarga sekarang beli motor untuk sarana transportasi menjadi kendaraan ke tiga dan empat. "Keempat, ibadah umroh. Dulu tidak semua orang bisa pergi umroh, tapi sekarang antreannya menumpuk. Bahkan, di Surabaya orang harus antre haji sampai 13 tahun," beber Yuswohady.

Fenomena tearkhir yang paling mudah terlihat di Indonesia, adalah maraknya artis-artis internasional datang menggelar pertunjukkan di sini. "Pekan ini ada Bruno Mars, nanti menyusul Taylor Swift, terus saja berdatangan dan animonya sangat besar di Indonesia," beber Yuswohady.

Otomotif
Lantas, apa pengaruhnya kelas menengah yang dikategorikan punya sepertiga dari penghasilannya masuk dalam pendapatan "menganggur" pada dunia otomotif?

Gejala pertama yang terjadi adalah, beralihnya status barang-barang mewah yang semula sedikit peredarannya menjadi "luxury mass product". Barang mewah yang sudah massal jumlahnya. Pembelian mobil dengan kredit menjadi hal yang pasti dilakukan warga kelas menengah.

"Kedua, punya satu mobil tidak cukup. Memiliki mobil sudah menjadi tren, jadi banyak rumah yang punya satu garasi tapi mobilnya dua, sehingga mereka pilih parkir di jalan. BPKB yang sudah ada "disekolahkan" lagi untuk mendapat mobil kedua dan seterusnya," lanjut Yuswohady.

Ketiga, usia kepemilikan satu mobil (lifecycle) menjadi lebih singkat dari semula 5 tahun menjadi tinggal 1 tahun saja. Warga kelas menengah membeli mobil tidak lagi melihat soal awet atau harga purna jual yang tinggi, tetapi lebih kepada desain atau gaya kendaraan itu.

Keempat, dari seluruh konsumsi mobil yang marak ini, permintaan akan mobil bekas juga akan semakin tinggi, bahkan meledak. "Karakter orang lebih mudah bosan, dengan menambah sedikit uang, mereka mau punya mobil baru. Mobkas, jadi alternatif pilihan utama," tukas Yuswohady.

Terakhir, kebutuhan pramuniaga semakin ditangguhkan. Pasalnya, warga kelas menengah sudah punya akses informasi, intelektualitas, dan kritisi lebih baik dari sebelumnya. Terbukanya informasi via internet membuat calon konsumen lebih teredukasi pada produk baru.
Read More

Honda dan Toyota Siap Pasarkan Mobil "Fuel Cell"

Tokyo, KompasOtomotif - Honda dan Toyota siap memasarkan mobil berteknologi baru "fuel cell" mulai tahun depan (2015). Dua prinsipal otomotif asal Jepang itu menyatakan akan memproduksi 1.000 unit mobil berbahan bakar hidrogen itu per tahun.

Dilansir Nikkei, Rabu (26/3/2014), saat ini baik Honda maupun Toyota sudah mulai menjajaki penggunaan mobil fuel cell dengan cara penyewaan. Sebagian besar konsumen yang mencoba kendaraan berteknologi baru ini datang dari kalangan pebisnis dan perusahaan besar.

Banderol masing-masing model fuel cell yang ditawarkan ke konsumen di bawah 10 juta yen (Rp 1,12 miliar). Honda mengaku tengah mengembangkan sedan dengan target peluncuran ke publik November 2015.

Sedan Honda ini diakui punya jarak tempuh hingga 500 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar, dua kali dari kemampuan mobil listrik yang sudah ada di pasar. Dalam lima tahun, Honda berambisi memproduksi setidaknya 5.000 unit dengan membidik pasar utama, yaitu Jepang, Amerika Serikat (AS), dan Eropa.

Konsep FCV
Toyota juga sudah memperkenalkan konsep FCV di ajang Tokyo Motor Show, November 2013 lalu. KompasOtomotif bahkan sudah sempat mencoba teknologi ini langsung di balik kemudi. Rasanya hampir mirip seperti mobil bermesin konvensional. 

Toyota berambisi lebih besar lagi, mengejar target produksi puluhan ribu unit sampai 2020. Toyota berharap bisa menjual kendaraan dengan teknologi baru ini dengan banderol 3-5 juta yen (Rp 336,3 juta - Rp 560,7 juta) per unit supaya lebih terjangkau konsumen.

Diakui teknologi "fuel cell" lebih punya masa depan ketimbang mobil listrik. Berbagai kelebihan yang ditawarkan membuatnya lebih cocok digunakan kosumen. Peralihan teknologi juga tidak terlalu jauh dengan kebiasaan menggunakan mobil konvensional.
Read More

Kenaikkan PPnBM Naikkan Animo Pembeli Mobkas Mewah

Jakarta, KompasOtomotif - Rencana pemerintah menaikkan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil dengan mesin berkapasitas 3.000 cc (bensin) dan 2.500 cc (diesel) ke atas, dari 75 persen menjadi 125 persen mulai bulan depan, langsung berpengaruh pada pasar mobkas. Terutama mobiil-mobil kategori mewah yang masuk dalam kriteria tersebut.

"Sekarang saja dampaknya sudah terasa, permintaan mobil bekas di atas 3.000cc sudah mulai meningkat. Kalau jadi diberlakukan, saya yakin mobil mewah bakal jadi buruan para kolektor, karena kalau PPnBM-nya tinggi otomatis kolektor akan mencari mobil bekasnya," jelas Herjanto Kosasih, Manajer Pemasaran Senior Bursa WTC Mangga Dua di Jakarta, Kamis (27/3/2014).

KA Wibowo, Deputi Direktur Mobil Bekas BCA Finance menambahkan, Menurut Wibowo, sejak wacana kenaikan PPnBM muncul, setiap hari BCA Finance kebanjiran lembar aplikasi permohonan pembiayaan untuk mobil mewah. 

"Kalau ditotal, sekitar 20 persen dari total aplikasi permohonan pembiayaan yang masuk ke BCA Finance, masuk kategori mobil mewah yang harganya di atas Rp 500 juta," jelas Wibowo.

Baik Herjanto maupun Wibowo, optimis angka penjualan mobil bekas, khususnya segmen mobil mewah, mulai April akan semakin terlihat lonjakannya. Diprediksi, penjualan mobkas mewah akan naik hingga 50 persen mulai April 2014.
Read More

Pebisnis Mobkas Dukung Evaluasi "Mobil Murah"

Jakarta, KompasOtomotif - Wacana pemerintah mengevaluasi program mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) menjadi angin segar bagi pebisnis mobil bekas (mobkas) di Ibukota. Pasalnya, kondisi pasar sempat terpengaruh dengan euforia konsumen mobkas yang beralih membeli produk LCGC yang mulai dipasarkan sejak September 2013 lalu.

Herjanto Kosasih, Manajer Pemasaran Senior WTC Mangga Dua, menjelaskan, ada dua prediksi yang bisa terjadi jika evaluasi benar dilakukan. Pertama, penangguhan peraturan. Kedua, diterbitkan regulasi tambahan menyangkut kewajiban LCGC untuk tidak mengonsumsi BBM subisidi. 

"Artinya ini bisa jadi peluang bagi pasar mobil bekas. Otomatis konsumen akan kembali beralih ke mobil bekas yang kualitasnya, jauh lebih bagus di atas LCGC," beber Herjanto, disela acara penyerahan hadiah program “Kredit Langsung Lunas BCA Finance", di WTC Mangga Dua, Jakarta, Kamis (27/3/2014).

Dongkrak penjualan
Di sisi lain, untuk lebih mengairahkan penjualan mobkas di WTC Mangga Dua, pihak pengelola WTC Mangga Dua, kembali menggandeng BCA Finance dan BCA Insurance menggulirkan program undian bagi konsumen, bertajuk “Kredit Langsung Lunas”, periode 1 Juni 2013 hingga 28 Februari 2014. Pengundian pemenang dilakukan di WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, Kamis (27/3/2014).

Program ini menawarkan hadiah berupa pelunasan sisa hutang kredit mobil konsumen yang dicicil via BCA Finance. Ada 3 kategori hadiah, yaitu pelunasan sebesar Rp 50 juta, Rp 75 juta dan terakhir Rp 100 juta. Juga ada hadiah hiburan, seperti 10 unit televisi dan lemari es. 

Penilaian dilakukan berdasarkan penghitungan nilai yang diberikan pada konsumen kredit mobkas dengan BCA Finance atau memilih BCA Insurance sebagai lembaga asuransinya. Dengan melakukan itu, maka setiap konsumen langsung mendapat 1 poin undian. Namun apabila konsumen tersebut menggunakan tunai, maka poin yang mereka dapat menjadi lima poin.
Read More

Selasa, 05 Agustus 2014

Misteri Hamilton Mogok di GP Australia 2014 Terpecahkan

Sepang, KompasOtomotif - Hasil gemilang Lewis Hamilton menempati posisi pertama, saat kualifikasi GP Australia 2014 beberapa minggu lalu, ternyata tidak diikuti saat balapan. Pebalap Mercedes GP tersebut harus masuk pit dan tidak melanjutkan pertandingan karena ada masalah pada mesin. Setelah melewati beberapa pemeriksaan akhirnya ditemukan penyebab utama kerusakan tersebut, seperti dilansirAutosport, Sabtu (29/3/2014).

Dugaan awal masalah tersebut karena adanya kerusakan pada wiring system atau kelistrikan. Namun hal tersebut ternyata tidak benar. Masalah ditemukan berawal dari blue rubber tube yang fungsinya untuk mengisolasi area di sekitar busi. Disinyalir adanya goresan kecil dan tipis di dinding blue rubber tube yang menyebabkan adanya "kebocoran", akibat percikan dari busi yang terus menerus akhirnya menyebabkan adanya lubang kecil. 

Hal tersebut tentu saja berefek pada kinerja di ruang bakar. Percikan api makin memperbesar lubang tersebut yang akhirnya menyeberang ke kepala silinder (cylinder head). Otomatis lambat laun performa mesin semakin menurun dan mengakibatkan mobil tidak bisa diajak ngebut.

"Ini benar-benar frustasi. Lubang itu mengakibatkan percikan api menyebarang ke kepala silinder. Pertama hal tersebut tidak membuat masalah, namun lambat laun lubang menjadi besar dan makin bermasalah. Saat formation lap dan pemanasan belum terasa adanya masalah. Namun ketika kerja mesin makin berat lubang itupun makin membesar dan menimbulkan masalah besar,"  papar Andy Cowel, Chief Engine Mercedes F1.

Pencegahan
Untuk mencegah terjadinya kesalahan tersebut, Mercedes telah meninjau ulang dan memeriksa proses pembuatan blue rubber tube di salah satu fasilitas milik Mercedes di pabrik Brixworth, Inggris. Cowell mengakui hal tersebut bukan cacat produksi secara keseluruhan, dan merupakan kemalangan semata bagi Hamilton. Sebab kondisi tersebut tidak dialami oleh Rosberg yang menjadi rekan setim Hamilton.

Hal tersebut juga menjadi jawaban mengapa Tim Mercedes tetap menggunakan mesin yang sama untuk seri Malaysia kali ini. Sebab, masalah bukan berasal dari mesin melainkan komponen pendukung, bukan inti.
Read More

Senin, 04 Agustus 2014

Mitsubishi Strada Triton Hi-Power Goda Pecinta "Off-Road" Semarang

Semarang, KompasOtomotif – Pikap kabin ganda, Mitsubishi Strada Triton Hi-Power, resmi diluncurkan buat konsumen di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta, Jumat (28/3/2014). Khusus di dua wilayah ini, sasarannya tak hanya mengincar bos-bos perusahaan, tapi mengarah ke pehobi olahraga sepeda motoroff-road yang gemar aktivitas outdoor.
“Rata-rata konsumen Triton Hi-Power biasanya sudah punya dua mobil. Di luar Kalimantan dan Sumatera, seperti di sini peminatnya khusus, lebih banyak diminati pehobi motorcross. Itu sebabnya kami tampilkan sepeda motor trail di samping mobil pameran,” ungkap Awan Setiawan, Area Coordinator Central Java MMC Marketing Division KTB, setelah peluncuran terlaksana di Hotel Horison, Semarang.
Kombinasi tampang berkelas dengan kemampuan serba bisa digemari konsumen atas yang tidak takut main “kotor”. Kabin belakang bisa menggendong 2-3 sepeda motor menuju trek ataupun lokasi balapan yang biasanya sulit dijangkau dengan mobil “biasa”.
“Kebanyakan memang dibeli pebalap motocross, tapi ada yang dipakai pemilik Harley-Davidson untuk derek moge di belakang. Pembeli seperti ini sampai 60 persen. Hobi orang Semarang memang rata-rata seperti itu,” tambah Awan.
HargaSaat Triton Hi-Power diluncurkan pertama kali di Bogor, akhir Februari lalu, KTB mengungkapkan, pengganti varian teratas Exceed ini dibanderol Rp 326 juta untuk transmisi manual (MT) dan otomatis (AT) Rp 336 juta, saat itu dikatakan, harga keduanya dalam kondisi off the road.
Namun di Semarang ceritanya berbeda, Toni Widjaya, Branch Manager, Bumen Redja Abadi,dealer Mitsubishi di Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah, mengungkapkan, harga telah ditentukan on the road. Untuk varian MT Rp 395 juta dan AT Rp 410 juta.
“Kenaikan harga dari versi lama kurang lebih 15 juta tapi setelah kena pajak bisa tambah 5 jutaan, jadi total 20 juta. Bea Balik Nama (BBN) di Jawa Tengah itu paling mahal se-pulau Jawa, itu kenapa setingan harga tinggi,” ungkap Toni.
TargetMeski harga jauh lebih mahal, Awan mematok target penjualan di Jawa Tengah dan Yogyakarta, bisa mempertahankan pangsa pasar seperti tahun lalu. Menguasai setengah total penjualan bulanan seluruh model sekelas yang mencapai 35 unit. Sebelum Hi-Power mengaspal, seluruh keluarga Triton laku 17 unit per bulan, komposisi terbesarnya, Exceed.
Read More

Hamilton Juara F1 Malaysia, Vettel Naik Podium

Sepang, KompasOtomotif - Lewis Hamilton akhirnya menjuarai F1 Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (30/3/2014). Raihan gemilang dengan menduduki posisi terdepan saat kualifikasi dilanjutkan saat balapan. Nico Rosberg sebagi rekan setim Hamilton juga meraih sukses dengan menempati peringkat 2. Sebastian Vettel sudah mulai menunjukkan taji dengan mulai naik podium ketiga.

Selama pertandingan Hamilton mendominasi mulai lampu merah padam. Bahkan di tikungan pertama dirinya langsung melesat diikuti Rosberg yang "menjaga" dari gempuran duo Red Bull, Ricciardo dan Vettel yang berada di posisi ketiga dan keempat. Hamilton langsung berusaha menjauh dan melesat secepat mungkin.

Apes dialami Raikkonen karena harus masuk pit pada lap-lap awal, karena ada gangguan pada ban belakang. "Saya tidak tahu apa yang terjadi pada ban, rasanya saya tidak menabrak apapun," ujar Raikkonen lewat radio. Dugaan awal tim hal tersebut karena terkena pecahan atau puing yang tercecer. Setelah dilihat rekaman ternyata akibat disenggol Magnussen. Raikkonen pun harus puas melorot ke posisi 20 dari 7. 

Proses penggantian ban pertama membuat posisi Vettel naik ketiga. Sementara duo Mercedes tetap memimpin di depan, Hamilton pertama dan Rosberg kedua. Posisi terdepan terus bertsahan hingga pit stop kedua.

Usai pitstop kedua, jarak Rosberg dan Vettel di posisi kedua dan ketiga jadi berdekatan. Vettel berusaha menempel Rosberg dan berupa mencari celah kesalahan. Kondisi serupa juga terjadi di posisi 4 dan 5 antara Ricciardo dan Alonso.

Apes dialami Ricciardo, di lap 41 harus melorot jauh ke posisi ke-14 karena ada kesalahan pada pitstop ketiga. Proses penggantian ban depan kiri tidak sempurna. Sementara Ricciardo sudah terlanjur jalan dan berhenti dan terpaksa didorong mundur kembali ke pit. Baru menggeber 1 putaran, wing depan sebelah kanan rusak dan harus masuk pit kembali. Posisi kembali turun jadi keenambelas. Akhirnya di lap 52 dirinya harus berhenti karena ada masalah teknis.

Perseteruan kembali terjadi pada lap 53 antara Hulkenberg dan Alonso untuk memperebutkan tempat keempat. Aksi susul menyusul terjadi sejak di tikungan pertama, dan Alonso akhirnya berhasil mendahului dan bertengger di posisi keempat. Sementara di posisi terdepan ada Hamilton, Rosberg dan Vettel hinga bendera finish dikibarkan.
Read More

Bentuk Komunitas Mobil Buat “Cari Duit”

Solo, KompasOtomotif – Selain memiliki rasa ketertarikan yang sama, setiap komunitas tentu punya nilai yang bisa digunakan sebagai alat mempererat hubungan setiap anggotanya. Buat perkumpulan pemilik Mitsubishi Pajero yang tergabung dalam Pajero Indonesia Satu (PI1), mengusung tagline “My Club My Familydan My Club My Income” berarti setiap anggota keluarga tidak hanya mendapatkan rasa kekeluargaan tapi juga pendapatan.
Minggu, (30/3/2014), PI1 membentuk organisasi bisnis bersifat kekeluargaan, yakni koperasi. Fungsinya menjadi wadah perekonomian internal yang bisa digunakan setiap anggota untuk beraktivitas bisnis mandiri. Selain itu koperasi bisa dipakai untuk mendanai agenda kegiatan tahunan. 
Sang ketua PI1, Wahyu Hariadi, menjelaskan, sejak berdiri pada 17 Agustus 2013, perekrutan anggotanya hanya butuh syarat memiliki unit Pajero dan mengisi formulir keterangan yang akan digunakan sebagai basis data. Dengan begitu PI1 bisa menjangkau lebih banyak sekaligus menyinergikan tipikal konsumen kelas mengengah-atas pemilik Mitsubishi Pajero yang tersebar di seluruh Indonesia.
Hasilnya karakteristik anggota makin beragam, berarti membuka banyak peluang kemitraan bisnis antar anggotanya. “Kita tidak punya syarat khusus yang membebani jadi semua orang bisa masuk. Saat ini anggota kita ada yang berstatus mahasiswa, artis, pengusaha, PNS, TNI, POLRI, dan ekspatriat,” kata Wahyu setelah tiba di Solo, Sabtu (30/3/2014),  usai touring bersama PI1 dari Jakarta.

Hingga kini, total jumlah anggota PI1 berjumlah 170 pemilik mobil yang berasal dari wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan. 
PantauKrama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku “induk besar” komunitas pengguna Mitsubishi di Indonesia, menyatakan dukungannya. “Kita sambut baik semua klub yang ada. Mereka merupakan ‘perpanjangan tangan’ kita, membantu KTB secara tidak langsung. Sebenarnya sudah ada layanan seperti itu, disebut ‘mitra kerja’,” ucap Jerry Amran, Head of KTB MMC Public Relations Section. 
Read More

Minggu, 03 Agustus 2014

Harapan Alonso buat Tim Ferrari

Sepang, KompasOtomotif - Fernando Alonso sedikit kecewa dengan hasil yang diraihnya pada 2 balapan awal musim 2014. Pebalap Tim Ferrari tersebut belum bisa menandingi keperkasaan mobil tim Mercedes dan Red Bull. Seri kedua di Sepang, akhir pekan lalu (30/3/2014), Alonso hanya mampu bertengger di posisi keempat. Bahkan pebalap asal Spanyol tersebut sempat menyebutkan balapan kali ini adalah "mimpi buruk", seperti dilansir Autosport, Senin (31/3/2014).

Penyandang gelar 2 kali juara dunia F1 ini mengatakan ada 2 hal yang menyebabkan mobilnya kurang kompetitif saat ini. Stabilitas saat melakukan manuver dan mesin yang kurang mumpuni. Jika kedua hal ini bisa disempurnakan lagi, dipastikan tim akan kompetitif bahkan gelar juara pun bisa diraih.

Traksi dan tenaga
"Daya cengkram (traksi) yang kami miliki kurang baik. Setiap keluar tikungan banyak traksi yang hilang. Jika dibandingkan dengan milik Red Bull jelas mereka mempunya traksi yang lebih baik, dan itu jadi salah satu keunggulan mereka," keluh Alonso.

Disebutkan pula kecepatan menjadi hal krusial lainnya. Mercedes, lanjut Alonso, punya kelebihan tersebut. Hal itu sudah dibuktikan saat sesi ujicoba pra musim, balap di Australia dan terakhir di Sepang.

"Untuk Bahrain rasanya tidak banyak yang bisa dilakukan. Sebab, dalam beberapa hari kami akan kembali membalap. Tapi untuk seri di China dan Sponyol rasanya akan banyak yang bisa kami perbuat untuk menjadikan mobil seperti (milik) mereka," harap Alonso.

Alonso juga menggambarkan bagaimana sulitnya saat hendak menyusul Nico Hulkenberg dari Force India, di lap-lap terakhir, untuk meraih posisi keempat. Menurutnya akan makin sulit lagi untuk mengejar dominasi Mercedes dan Red Bull di posisi terdepan.

"Jelas hal itu bukan posisi ideal untuk memulai kejuaraan, namun tim terus melakukan upaya besar-besaran untuk mengejar ketertinggalan dan memperbaiki situasi. Secara pribadi saya ingin berjuang untuk menang. Lebih cepat dari rekan setim bukanlah hal yang penting, karena bukan hanya itu yang diharapkan. Kami akan melakukan banyak hal untuk meningkatkan performa mobil dan bersaing sedekat mungkin dengan Mercedes dan Red Bull. Harapan itu masih ada," tutup Alonso.
Read More

"Touring" Komunitas Pajero Tingkatkan Rasa Nasionalisme

Solo, KompasOtomotif - Mengarungi perjalanan sejauh 550 km dari Jakarta, rombongan 58 pemilik Mitsubishi Pajero yang tergabung dalam komunitas Pajero Indonesia Satu (PI1) akhirnya tiba di Surakarta, akhir pekan lalu (29/3/2014). Wahyu Hariadi, Ketua PI1, mengatakan, acara touring sekaligus kumpul akbar pertama ini akan dijadikan agenda tahunan.
"Ini kegiatan nasional pertama kami. Touring akan menjadi kegiatan rutin sebab komunikasi antar anggota bisa terjalin baik dengan aktivitas seperti ini," ujar Wahyu, Sabtu (29/3/2014).
Tanpa dikawalBertolak sejak Jumat, (28/3/2014), 40 mobil berjalan beriringan melintasi jalur utara pulau Jawa, Pantura, kemudian bertemu sisa peserta lainnya di tengah perjalanan. Sekjen PI1, Ilham Pribadi, menjelaskan, sebelum menyentuh Semarang, PI1 sama sekali tidak meminta pengawalan kepolisian untuk "mengusir" pengendara lain dari jalur perjalanan.
"Kami hanya ingin senang, kami tidak minta diprioritaskan dari pengguna lalu-lintas yang lain. Konvoi dengan mobil sebanyak ini tidak efektif bila semua ikut rombongan, karena itu kami pisah menjadi beberapa bagian," jelas Ilham.
Nasionalisme
Kendati belum genap berumur setahun, PI1 telah berhasil merekrut 170 anggota sejak terbentuk pada 17 Agustus 2013. Wahyu menambahkan, pilihan tanggal lahir tersebut sengaja mencocokkan dengan hari kemerdekaan Indonesia agar kental rasa nasionalisme.
Kecintaan terhadap Tanah Air tercermin dari penamaan tiap wilayah berdasarkan domisili anggotanya. Hingga saat ini terdiri dari 5 area, yakni Bukit Barisan (Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Riau), Diponegoro (Jawa Tengah, Solo Semarang, dan Yogyakarta), Siliwangi (Jawa Barat dan Bandung), Brawijaya (Surabaya), serta Jayakarta (Jabodetabek).
Selama di Solo, setiap peserta yang kebanyakan membawa keluarga diajak mengunjungi beberapa lokasi wisata, tujuannya lebih mengenal Indonesia. Lokasi pertama, belajar sejarah sekaligus asal-usul Manusia Jawa (Homo erectus paleojavanicus) alias Pithecantropus Erectus. Saat ditemukan pada 1891 oleh ahli anatomi Belanda, Eugene Dubois, banyak ilmuwan mulai percaya, Manusia Jawa adalah mata rantai yang hilang antara manusia kera dengan manusia modern, sesuai dengan teori evolusi Darwin.
Perjalanan kemudian berlanjut ke Keraton Surakarta Hadiningrat. Di sini, seluruh anggota PI1 bisa mengamati sisa kisah kemahsyuran Kasunanan Surakarta yang masih berdiri tegak. Di kompleks istana keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sunan dan rumah tangga istana.
"Rencananya, kegiatan seperti ini akan terus kami lakukan. Responnya positif dari semua anggota. Selain jalan-jalan kami juga memberikan sumbangan kepada panti asuhan, " tutup Wahyu.
Read More